RPP Multimedia KD 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                              : SMK Negeri 1 Peusangan
Paket Keahlian                                 : Multimedia
Mata Pelajaran                                 : Desain Grafis Percetakan
Kelas/Semester                                 : XI/1
Materi Pokok                                    : Desain Grafis dan Nirmana
Alokasi Waktu                                  : 1 (12 x 45 menit )

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Multimedia. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1         Menerapkan dasar dasar desain grafis dan nirmana
3.1.1        Menjelaskan dasar dasar desain grafis dan nirmana
3.1.2        Menerapkan dasar dasar desain grafis dan nirmana
  4.1.     Membuat desain dengan menerapkan dasar dasar desain grafis dan nirmana
4.1.1        Mencoba mendesain dengan menerapkan dasar-dasar desain grafis dan nirnama
4.1.2        Membuat desain dengan menerapkan dasar-dasar desain grafis dan nirnama

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.        Melalui contoh yang diberikan oleh guru, siswa dapat menjelaskan dasar dasar desain grafis dan nirmana berdasarkan bahan tayang guru dengan teliti.
2.        Melalui diskusi, siswa dapat menerapkan dasar dasar desain grafis dan nirmana berdasarkan penjelasan guru dengan teliti.
3.        Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat mencoba mendesain dengan menerapkan dasar-dasar desain grafis dan nirnama berdasarkan penjelasan guru dengan mandiri.
4.        Melalui diskusi, siswa dapat membuat desain dengan menerapkan dasar-dasar desain grafis dan nirnama berdasarkan modul dengan mandiri.

D.  MATERI PEMBELAJARAN
Fakta
Desain grafis dan nirmana
Konsep
Dasar dasar desain grafis dan nirmana
Prosedur

Metakognitif


E.  METODE PEMBELAJARAN
•   Pendekatan : Student Center / Scientific
•   Model : Discovery learning
•   Metode : Diskusi, Informasi, Demonstrasi

F.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
Indikator:
                      3.1.1     Menjelaskan dasar dasar desain grafis dan nirmana
                      3.1.2     Menerapkan dasar dasar desain grafis dan nirmana
4.1.1        Mencoba mendesain dengan menerapkan dasar-dasar desain grafis dan nirnama
4.1.2        Membuat desain dengan menerapkan dasar-dasar desain grafis dan nirnama

1.Pendahuluan (10 menit)
·         Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
·         Mengondisikan siswa untuk berdoa.
·         Presensi, menanyakan keadaan siswa.
·         Apersepi, dengan menanyakan :
Desain grafis percetakan
·         Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu pemanfaatan desain grafis dan nirmana.
·         Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
·         Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.

2.        Kegiatan Inti (520 menit)
Sintak Model
Kegiatan
Pemberian stimulus terhadap peserta didik
·    Guru meminta peserta didik untuk melihat berbagai jenis desain grafis
·    Guru menugaskan peserta didik membaca buku untuk mengidentifikasi desain grafis dan nirmana
·    Peserta didik mengamati bahan tayang yang disajikan oleh Guru.
·    Peserta didik membaca buku berkaitan dengan penerapan nirmana
Identifikasi  masalah
·    Peserta didik berdiskusi tentang penggunaan nirmana dalam desain grafis percetakan
·    Peserta didik mengidentifikasi desain grafis dan nirmana
·    Peserta didik menentukan cara mengatasi permasalahan dalam desain grafis dan nirmana
·    Guru menugaskan peserta didik untuk mengidentifikasi masalah utama apa dalam desain grafis dan nirmana
·    Peserta didik mengidentifikasi masalah – masalah melalui contoh yang didemonstrasikan oleh guru mengenai desain grafis dan nirmana
·    Peserta didik membaca buku untuk mendapatkan informasi tentang desain grafis dan nirmana
·    Peserta didik mendiskusikan penerapan desain grafis dan nirmana
·    Berdasarkan hasil membaca buku dan diskusi peserta didik merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam penerapan nirmana dalam desain grafis
Pengumpulan data
·    Guru meminta peserta didik untuk mancari cara dalam penerapan nirmana dalam desain grafis
·    Peserta didik menggali informasi tentang penerapan nirmana dalam desain grafis
·    Peserta didik mendiskusikan tentang penerapan nirmana dalam desain grafis
·    Peserta didik menyampaikan pada kelompok lain dan menanggapinya berkaitan  penerapan nirmana dalam desain grafis
·    Guru meminta peserta didik untuk mencoba melakukan deteksi penerapan nirmana dalam desain grafis sebagai pembuktian rumusan masalah/hipotesis
·    Peserta didik mencoba melakukan deteksi penerapan nirmana dalam desain grafis sebagai pembuktian rumusan masalah/hipotesis
Pembuktian
·    Guru menugaskan peserta didik untuk menilai hasil deteksi penerapan nirmana dalam desain grafis
·    Peserta didik menilai hasil deteksi penerapan nirmana dalam desain grafis
·    Peserta didik menilai hasil deteksi penerapan nirmana dalam desain grafis menggunakan format penilaian
Menarik kesimpulan/
generalisasi
·    Guru menugaskan peserta didik untuk menyajikan
·    Peserta didik membuat bahan presentasi tentang penerapan nirmana dalam desain grafis
·    Peserta didik menyajikan tentang penerapan nirmana dalam desain grafis
·    Peserta didik lain dan guru memberikan tanggapan terhadap presentasi.
·    Peserta didik memperbaiki hasil presentasi dan membuat simpulan.

3.        Penutup (10 menit)
·         Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
·         Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·         Melakukan penilaian.
·         Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
·         Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
·         Salam.

G. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.    Teknik dan Bentuk Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk  Penilaian
  • Penilaian Sikap : observasi
Lembar Jurnal
  • Penilaian Pengetahuan : tes tulis
Pilihan Ganda
  • Penilaian Keterampilan : tes kinerja
Lembar Kinerja (proses)

2.    Instrumen Penilaian
Sikap :

Tabel 2.1   Penilaian sikap spitual
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap














Tabel 2.2   Penilaian sikap sosial
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap










           
Pengetahuan :
Tabel 3.1   Kisi-Kisi Tes Tertulis
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No Soal
Bentuk Soal
1
Menerapkan dasar dasar desain grafis dan nirmana
Desain Grafis dan Nirmana
·         Menjelaskan dasar dasar desain grafis dan nirmana
·         Menerapkan dasar dasar desain grafis dan nirmana
1
2

3
4


Essay

Pengetahuan :
·           Soal
1.         Jelaskan pengertian desain grafis ?
2.         Jelaskan nirmana desain grafis ?
3.         Jelaskan fungsi desain grafis ?
4.         Sebuatkan contoh produk desain grafis ?

·           Kunci Jawaban
1.      Desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, gambar, yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan.
2.      Nirmana adalah penyusunan elemen elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang dinamis dan harmonis
3.      Fungsi desain grafis adalah antara lain : produksi media informasi dan komunikasi, apresiasi media promosi, hobi berkreasi, dan menambah nilai estetika
4.      Contoh produk desain grafis : logo perusahaan, komik, media, packaging produk dan brosur.

·           Pedoman Penskoran
Penilaian Ketarampilan

Tabel 4.1   Kisi-Kisi Penilaian Kinerja
            No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Teknik
Penilaian
1
Membuat desain dengan menerapkan dasar-dasar desain grafis dan nirnama
Desain Grafis dan Nirmana
·           Mencoba mendesain dengan menerapkan dasar-dasar desain grafis dan nirnama
·           Membuat desain dengan menerapkan dasar-dasar desain grafis dan nirnama
Proses

·      Instrumen
Petunjuk : Berilah tanda check (v) pakaikolom skor
No
Komponen/Sub Komponen
Skor
1
2
3
A
Persiapan




Hadir tepat waktu, berseragam lengkap dan rapi




Alat dipersiapan dengan lengkap dan rapi



B
Proses Kerja




Prosedur analisa penerapan nirmana dalam desain grafis



C
Hasil




Permasalahan penerapan nirmana dalam desain grafis



D
Sikap Kerja




Sikap kerja saat melakukan analisa penerapan nirmana dalam desain grafis



E
Waktu




Ketepatan waktu kerja



  • Rubrik Penilaian

No
Komponen/Sub Komponen
Indikator/Kriteria Unjuk Kerja
Skor
A
Persiapan



Hadir tepat waktu, berseragam lengkap dan rapi
·      Hadir tepat waktu, berseragam lengkap dan rapi
·      Hadir tepat waktu, berseragam lengkap
·      Hadir tepat waktu, berseragam tidak lengkap
3

2
1

Alat dipersiapan dengan lengkap dan rapi
·      Alat dipersiapan dengan lengkap dan rapi
·      Alat dipersiapan dengan lengkap
·      Alat dipersiapan dengan tidak lengkap
3
2
1
B
Proses Kerja



Prosedur penerapan nirmana dalam desain grafis
·      Menunjukkan Prosedur penerapan nirmana dalam desain grafis yg tepat
·      Menunjukkan Prosedur penerapan nirmana dalam desain grafis dg kurang tepat
·      Menunjukkan Prosedur penerapan nirmana dalam desain grafis dg tidak tepat
3

2

1
C
Hasil



Permasalahan penerapan nirmana dalam desain grafis
·      Nirmana dalam desain grafis diterapkan dengan tepat
·      Nirmana dalam desain grafis diterapkan dengan kurang tepat
·      Nirmana dalam desain grafis diterapkan dengan tidak tepat
3
2
1
D
Sikap Kerja



Sikap kerja saat melakukan penerapan nirmana dalam desain grafis
·      Tertib dan rapi saat mempersiapkan, dan melaksanakan dan melaporkan
·      Tertib dan rapi saat mempersiapkan, dan melaksanakan
·      Tertib dan rapi saat mempersiapkan, melaksanakan, atau melaporkan
3

2

1


Waktu



Ketepatan waktu kerja
Kurang dari 30 menit
1-30 menit
Lebih dari 30 menit
3
2
1

H.  PROGRAM TINDAK LANJUT
1.        Remedial
·           Peserta didik yang belum mencapai KKM (75) diberi tugas untuk mengerjakan beberapa soal dari guru mengenai nirmana dalam desain grafis terkait kegiatan selama satu minggu. Setelah satu minggu guru mengevaluasi kemajuan kompetensi peserta didik dalam menangkap mengenai nirmana dalam desain grafis Kemudian guru melaksanakan penilaian remedial.
Tabel 5.1   Kisi-Kisi Remedial
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No Soal
Bentuk Soal
1
Menerapkan dasar dasar desain grafis dan nirmana
Desain Grafis dan Nirmana
·         Menjelaskan dasar dasar desain grafis dan nirmana
·         Menerapkan dasar dasar desain grafis dan nirmana
1
2

3
4


Essay

·           Soal
1.        Jelaskan pengertian desain grafis ?
2.        Jelaskan nirmana desain grafis ?
3.        Jelaskan fungsi desain grafis ?
4.        Sebuatkan contoh produk desain grafis ?


·           Kunci Jawaban
1.        Desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, gambar, yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan.
2.        Nirmana adalah penyusunan elemen elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang dinamis dan harmonis
3.        Fungsi desain grafis adalah antara lain : produksi media informasi dan komunikasi, apresiasi media promosi, hobi berkreasi, dan menambah nilai estetika
4.        Contoh produk desain grafis : logo perusahaan, komik, media, packaging produk dan brosur.
           
·      Pedoman Penskoran

2.        Pengayaan
·           Bagi peserta didik mempunyai nilai di atas 75 diberi pengayaan berupa tugas mandiri untuk menelaah dan atau menuliskan mengenai penerapan multimedia interaktif dalam dunia pendidikan dan bisnis.
Tabel 6.1   Kisi-Kisi Pengayaan
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No Soal
Bentuk Soal
1
Menerapkan dasar dasar desain grafis dan nirmana
Desain Grafis dan Nirmana
·         Menjelaskan dasar dasar desain grafis dan nirmana
·         Menerapkan dasar dasar desain grafis dan nirmana
1


2


Essay
·           Soal
1.        Sebutkan prinsip-prinsip seni rupa !
2.        Sebutkan Elemen-Elemen desain grafis!
·           Kunci Jawaban
1.        Kesatuan, Keseimbangan, Proposi, dan Irama
2.        Bentuk, gambar, Huruf, dan Warna

·           Pedoman Penskoran

I.     MEDIA/ALAT/BAHAN/SUMBER
1.        Media/alat       : Laptop/komputer, LCD, Video,
2.        Bahan              : PPt dan Bahan Ajar
3.        Sumber Belajar:
·           File Modul Desain Grafis Percetakan


                    Mengetahui;                                          Matangglumpangdua,       Juli 2019
  Kepala SMK Negeri 1 Peusangan                                   Guru Mata Pelajaran,           



                MUSLIM, M.Pd.                                                 SRI WAHYUNI, S.Pd.
        NIP. 19710223 199512 1 001                                           NIP. 19811115 200801 2 001     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ILMU FOTOGRAFI

Dasar Desain Grafis kelas XI MM 1